Pemkab Mamuju Dorong Tenun Sekomandi go Internasional - RADARSULBAR NEWS
RADARSULBARNEWS

Pemkab Mamuju Dorong Tenun Sekomandi go Internasional

pasang

MAMUJU, RADARSULBAR NEWS – Pesona kain Tenun Sekomandi secara nasional sudah mendapat pengakuan. Bahkan dalam beberapa event berskala nasional, Tenun Sekomandi tampil memukau dalam peragaan busana di panggung Indonesia Fashion Week (IFW) 2023, di Jakarta Convention Center (JCC).

Kain Sekomandi memiliki daya tarik yang sangat seksi sebagai komoditas tekstil lokal yang memiliki taste internasional. Sehingga akan lebih mudah masuk ke pasar internasional sesuai dengan market saat ini.

Selain itu, Kain Sekomandi merupakan salah satu ragam motif dan jenis kain tenun tertua di dunia yang diwariskan oleh suku Kalumpang purba. Termasuk keunikan pada teknik menenun dan jenis pewarnaan alam yang digunakan yaitu salah satunya cabai dan kemiri.

Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Mamuju, Hj Sahari Bulan, menyebutkan Pemkab Mamuju terus memberikan dukungan agar Tenun Sekomandi bisa menembus market internasional.

Upaya ini dilakukan sebagai bentuk pembinaan Pemkab Mamuju bagi pelaku UKM dan pengembangan produk.

Selain Tenun Sekomandi, Sahari Bulan mengaku juga membuka diri bagi pelaku UKM lainya dalam pengembangan diri sehingga bisa berdaya saing. Sahari Bulan mengajak pelaku UKM agar tidak sungkan melakukan koordinasi dengan pemerintan daerah jika ditemukan kendala.

Secara teknis, para pelaku UKM bisa bertandang ke kantor Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Mamuju di Jalan Jenderal Sudirman atau bisa melakukan konsultasi online melalui website resmi diskopmamuju.com. (ADV)

error: Konten dilindungi!!
Exit mobile version