BPJS Ketenagakerjaan Sulbar Serahkan Santunan Kematian Nelayan yang Tenggelam di Laut - RADARSULBAR NEWS
RADARSULBARNEWS

BPJS Ketenagakerjaan Sulbar Serahkan Santunan Kematian Nelayan yang Tenggelam di Laut

pasang

MAMUJU, RADARSULBAR NEWS — BPJS Ketenagakerjaan (Bpjamsostek) Cabang Sulbar menyerahkan santunan JKK Meninggal senilai Rp 48 Juta dan beasiswa sebesar Rp87 juta kepada ahli waris tenaga kerja atas nama Sadar, yang mengalami kematian pada saat bekerja.

Tenaga kerja yang berprofesi sebagai nelayan tersebut meninggal setelah mengalami kecelakaan kerja pada saat menangkap ikan dilaut, dan terjatuh dari kapal sehingga berujung kematian.

Penyerahan santunan tersebut diserahkan secara simbolis oleh agen perisai binaan BPJS Ketenagakerjaan Sulbar, Irham, kepada ahli waris yang didampingi oleh keluarga mendiang almarhum Sadar dirumahnya, di Lombang-lombang Kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju, Senin 29 April.

Sebagai informasi, dengan terdaftar sebagai peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan, apabila mengalami kecelakaan kerja, akan mendapatkan perawatan tanpa batas biaya sesuai indikasi medis hingga sembuh. Tak hanya itu, jika peserta meninggal dunia karena kecelakaan kerja, maka ahli waris berhak mendapatkan santunan sebesar 48 kali upah terakhir yang dilaporkan.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Sulawesi Barat, Makmur berharap, santunan tersebut dapat bermanfaat dan dipergunakan sebaik-baiknya oleh ahli waris almarhum Sadar, serta dapat meringankan sedikit beban keluarga yang ditinggalkan oleh tulang punggung keluarga.

Makmur menyampaikan, dalam menjalankan tugas sebagai seorang nelayan memang beresiko tinggi, karena terkadang situasi alam tidak dapat diprediksi, makanya ia berharap agar seluruh nelayan yang ada di Sulbar dapat terlindungi oleh program BPJS Ketenagakerjaan.

“Perlindungan jaminan sosial merupakan hak konstitusi seluruh pekerja termasuk bagi seluruh pekerja informal. Tentunya ini menjadi pengingat bagi kita semua, bahwa kecelakaan kerja dan kematian dapat terjadi kapan dan di mana saja. Dengan adanya program BPJS Ketenagakerjaan setiap pekerja tidak usah khawatir dan cemas akan setiap resiko pekerjaan. Kami pun berharap, BPJS Ketenagakerjaan dapat terus berkolaborasi dengan pemerintah daerah maupun pemerintah provinsi setempat dalam penyelenggaraan program jaminan sosial ketenagakerjaan di Wilayah Sulawesi Barat,” tutup Makmur. (*)

error: Konten dilindungi!!
Exit mobile version