Jelang Idulfitri 1445 Hijriah, TPID Bergerak Antisipasi Lonjakan Harga - RADARSULBAR NEWS
RADARSULBARNEWS

Jelang Idulfitri 1445 Hijriah, TPID Bergerak Antisipasi Lonjakan Harga

Ilustrasi pangan di pasaran.
pasang

MAMUJU, RADARSULBAR NEWS – Tingkat inflasi di Sulbar diprediksi tetap akan stabil menjelang hari lebaran Idulfitri 1445 hijriah. Kondisi itu dipengaruhi banyaknya stok bangan pangan di pasaran.

Stok pangan yang ada saat ini diperkirakan cukup memenuhi kebutuhan masyarakat hingga beberapa bulan ke depan.

Masyarakat dan pedagang pun diminta untuk tidak berbuat hal yang dapat mempengaruhi lonjakan harga bahan pangan.

Asisten III Pemprov Sulbar, Amujib mengatakan, koordinasi antar pihak terkait harus terus diintensifkan menjelang Idulfitri 1445 hijriah. Pemerintah memastikan bahan pangan di pasaran tetap tersedia sehingga harganya tidak melonjak.

“Terutama intervensi langsung seperti gerakan pangan murah dan fasilitasi distribusi pangan menjelang lebaran yang akan dilakukan dinas terkait,” kata Amujib, usai pres rilis tingkat inflasi di Sulbar, di Kantor BPS Sulbar, Senin 1 April.

Kepala BPS Sulbar, Tina Wahyuftri mengatakan, inflasi tersebut terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya indeks kelompok pengeluaran, yaitu: kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 5,60 persen; kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 0,06 persen.

Kelompok kesehatan sebesar 2,99 persen; kelompok transport asi sebesar 0,52 persen; kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya sebesar 1,90 persen; kelompok pendidikan sebesar 0,67 persen; kelompok penyediaan makanan dan minuman restoran sebesar 6,09 persen; dan kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 1,10 persen.

Sedangkan kelompok pengeluaran yang mengalami penurunan indeks, yaitu kelompok pakaian dan alas kaki sebes ar 0,36 persen dan kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,31 persen.

error: Konten dilindungi!!
Exit mobile version