RADARSULBARNEWS

Toyota Siapkan Kebangkitan Starlet, Bisa jadi Comeback jadi Mobil Listrik

Ilustrasi: Render konsep Toyota Starlet yang dikabarkan siap terlahir kembali. (Best Car via Drive)

RADARSULBAR NEWS – Toyota Starlet dikabarkan mungkin akan terkahir kembali alias reborn. Hal ini mengacu pada laporan yang belum dikonfirmasi dari Jepang yang menyebut bahwa Toyota Starlet mungkin akan terlahir lagi sebagai mobil bertenaga baterai.

Best Car, sebuah majalah yang dikenal menerbitkan informasi orang dalam tentang rencana masa depan Toyota mengklaim raksasa mobil itu berencana menghidupkan kembali city car Starlet. Dilansir via laman Drive, model tersebut dikatakan akan diluncurkan pada tahun 2026.

Belum diketahui apakah Starlet baru ini akan dirancang sebagai city car berukuran compact untuk Jepang yang secara lokal disebut sebagai ‘kei car’, atau apakah model tersebut akan dibuat untuk pasar global lainnya dan ditempatkan di bawah Yaris.

BACA JUGA:  Lampu Mobil Tidak Mau Mati? Simak Penjelasan Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ihwal kebangkitan Starlet sendiri memang sebelumnya pernah dilontarkan oleh salah satu petinggi Toyota di Jepang. Pada Juli 2023, kepala divisi performa Toyota mengakui bahwa “impian pribadinya” adalah menghidupkan kembali papan nama Starlet.

“Saya biasa menikmati jalanan bersalju dan sirkuit mini di kampung halaman saya di Hokkaido dengan EP82 (awal 1990an) dan EP91 (Starlets) akhir 1990an,” kata Presiden Toyota GR Tomoya Takahashi kepada Best Car saat itu.

BACA JUGA:  Aki Mobil Lemah karena Ditinggal Liburan, Begini Cara Mengatasinya

GR Starlet yang lebih sporty juga dilaporkan sedang dalam pengerjaan, dirancang oleh divisi performa perusahaan, Gazoo Racing.

Meskipun detail mesin masih belum jelas pada saat ini, panel gril depan atas yang tertutup seperti yang terlihat pada ilustrasi digital Best Car di atas menunjukkan bahwa Starlet dapat debut sebagai mobil listrik.

BACA JUGA:  Kalla Toyota Hadirkan Promo Istimewa dalam Rangka Hari Konsumen Nasional dan Hari Kartini, Manjakan Kendaraan Toyota Anda dengan Harga Hemat

Jika ilustrasinya akurat , Starlet tampaknya tidak ditampilkan Toyota saat pameran mobil listriknya pada Desember 2021, atau sebagai konsep pada April 2023.

Nama Starlet sendiri sudah pensiun di beberapa negara termasuk Indonesia pada tahun 1999, namun sejak tahun 2020 Toyota telah menghidupkan kembali papan nama tersebut di beberapa pasar Afrika dengan nama Suzuki Baleno. (jpg)

Konten Promosi
error: Konten dilindungi!!