RADARSULBARNEWS

Lampu Mobil Tidak Mau Mati? Simak Penjelasan Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi lampu mobil menyala.

RADARSULBAR NEWS – Pencahayaan mobil adalah elemen penting dalam keamanan dan keselamatan berkendara saat malam hari atau kondisi gelap. Biasanya salah satu potensi masalah pencahayaan mobil adalah lampu tidak mau mati.

Mobil yang terawat dengan baik akan berkinerja optimal. Namun, mobil yang dibiarkan tanpa servis dan perawatan dapat menyebabkan kerusakan, termasuk lampu mobil yang tetap menyala.

Lampu mobil yang tetap menyala atau tidak bisa dimatikan bisa saja disebabkan oleh berbagai faktor. Untuk itu perlu tahu cara mengatasinya. Dikutip dari auto2000.co.id, beriut beberapa penyebab lampu mobil tidak mau mati:

  • Masalah pada kabel

Jika kabel tidak terhubung dengan baik atau terputus di dalamnya, lampu dapat menyala secara terus-menerus. Kondisi sambungan yang longgar atau terputus dapat mengakibatkan aliran listrik yang tidak terputus ke lampu. Penyebabnya bisa karena perbaikan yang tidak sempurna atau kerusakan fisik pada kabel-kabel.

BACA JUGA:  Kalla Toyota Hadirkan Promo Istimewa dalam Rangka Hari Konsumen Nasional dan Hari Kartini, Manjakan Kendaraan Toyota Anda dengan Harga Hemat
  • Masalah sekering atau sakelar

Sekering adalah bagian penting dalam sistem listrik mobil yang berperan dalam melindungi sirkuit listrik dari kerusakan akibat arus berlebihan. Ketika terjadi masalah pada sekering, seperti putus atau rusak, aliran listrik ke lampu dapat terhambat, menyebabkan lampu tidak mau mati.

  • Debu menumpuk

Debu dan kotoran yang menumpuk di sekitar sakelar lampu atau di dalam housing lampu juga dapat menyebabkan lampu mobil tetap menyala. Akumulasi debu dapat membuat sakelar lampu terjepit atau tidak berfungsi secara optimal, sehingga meskipun dalam posisi mati, lampu tetap menyala.

  • Mobil jarang diservis

Lampu tidak mau mati pada mobil juga bisa disebabkan oleh kurangnya perawatan dan servis teratur pada sistem mobil. Penting untuk secara berkala memeriksa dan merawat komponen-komponen seperti sakelar lampu, kabel-kabel, dan sekering guna memastikan kinerjanya optimal. Jika kurang mendapat perawatan, masalah pada lampu mobil dapat lebih mungkin terjadi.

BACA JUGA:  Aki Mobil Lemah karena Ditinggal Liburan, Begini Cara Mengatasinya

Dikutip dari daihatsu.co.id, berikut cara mengatasi lampu mobil yang tidak mau mati:

  • Periksa terlebih dahulu

Dengan melakukan pemeriksaan, Anda dapat mengidentifikasi bagian-bagian yang mungkin menjadi penyebab lampu mobil Anda tidak dapat dimatikan. Pastikan juga bahwa lampu tersebut tidak tetap menyala karena kerusakan atau karena mesin mobil belum dimatikan.

Periksa lampu bohlam untuk melihat apakah ada masalah yang membuatnya tidak mau mati. Pastikan juga karet di sekitar lampu terpasang dengan baik. Karet sobek bisa mengakibatkan masalah pada lampu mobil.

  • Cek kabel

Kabel mungkin mengalami masalah, sehingga lampu mobil tetap menyala meskipun mesin sudah dimatikan. Pastikan sudah memeriksa rangkaian kabel dengan teliti.

Perhatikan apakah kabel lampu mobil terhubung dengan baik. Mulailah memperbaiki kabel yang bermasalah, karena ketika lampu mobil tidak mati, masalahnya sering terletak pada kabelnya.

BACA JUGA:  Toyota Siapkan Kebangkitan Starlet, Bisa jadi Comeback jadi Mobil Listrik

Utamakan perbaikan kabel terlebih dahulu. Pastikan kabel tidak rusak atau putus. Hindari perbaikan kabel yang sembrono, karena ini bisa menyebabkan korsleting.

  • Bawa ke bengkel untuk diperbaiki oleh ahli

Langkah terakhir adalah membawa mobil Anda ke bengkel untuk diperbaiki segera. Pilihlah bengkel resmi yang menggunakan mekanik handal dan berpengalaman untuk memastikan mobil Anda kembali berfungsi seperti semula.

  • Bersihkan mobil secara berkala

Anda bisa mencegah serta mengatasi masalah lampu mobil yang tidak mati dengan membersihkan mobil secara teratur. Debu dan kotoran yang menumpuk di sekitar sakelar lampu atau di dalam housing lampu bisa mengganggu sistem listrik mobil.

Dengan membersihkan mobil secara rutin, Anda bisa mengurangi risiko masalah pada mesin secara keseluruhan. Pastikan membawa mobil ke tempat cuci mobil profesional agar setiap langkahnya dilakukan dengan benar. (*)

Konten Promosi
error: Konten dilindungi!!