RADARSULBARNEWS
NEWS  

Pilkada Polman 2024 Dilaunching Pertama di Sulbar, Bentuk Keseriusan KPU Polman

Pilkada Polman 2024 Dilaunching Pertama di Sulbar, Bentuk Keseriusan KPU Polman

POLEWALI, RADARSULBAR NEWS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Polewali Mandar gelar launching pemilihan kepala daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Polewali Mandar 2024 di tribun Lapangan Pancasila Kelurahan Pekkabata Kecamatan Polewali, Sabtu malam 27 April.

Launching Pilkada merupakan pertama kali dilaksanakan KPU Kabupaten se-Sulawesi Barat sebagai bentuk keseriusan KPU Polman melaksanakan setiap tahapan pesta demokrasi pemilihan bupati dan wakil bupati ini.

Ketua KPU Polman, Nurjannah Waris mengatakan Launching Pilkada Polman 2024 ini dalam rangka untuk mensosialisasikan pemilihan bupati dan wakil bupati, yang saat ini telah memasuki dalam tahapan Pilkada 2024.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan pemilihan bupati dan wakil bupati Polman kepada seluruh stakeholder baik itu partai politik, forkopimda, jajaran pemerintah tingkat desa kelurahan dan camat, kampus dan organisasi masyarakat dan kepemudaan terkait tahapan Pilkada 2024. Kita berharap proses demokrasi tetap berjalan secara demokratis dan berintegritas. Dan menolak tindakan yang menciderai demokrasi di Polewali Mandar,” ujar Nurjannah Waris.

Ia mengajak kepada seluruh pihak khususnya masyarakat Polman untuk ikut berpartisipasi dalam menyukseskan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Polman yang akan dilaksanakan pada Rabu 27 November 2024. Selain itu mengajak stakeholder mensosialisasikan pelaksanaan setiap tahapan Pilkada Polman.

PENAMPILAN. Sanggar Tari Laut Biru Polman menampikan tarian saat lauching Pilkada Polman 2024 di Tribun Lapangan Pancasila Pekkabata, Sabtu 27 April 2024. (Amri Makkaruba/Radar Sulbar)

“Saat ini tahapan Pilkada yang sudah berjalan adalah perekrutan badan adhoc Pilkada tingkat PPK. Kami melakukan perekrutan badan adhoc karena tak lagi menggunakan PPK yang bertugas saat Pemilu 2024 lalu tetapi melakukan perekrutan baru. Sehingga siapapun yang memenuhi syarat memiliki peluang yang sama,” terang Nurjannah Waris.

BACA JUGA:  Maju di Pilkada Polman, Bebas Manggazali Ambil Formulir di Nasdem

Sementara Ketua KPU Sulbar, Said Usman Umar mengatakan launching Pilkada Polman oleh KPU Polman ini merupakan pertama kali yang dilakukan jajaran KPU kabupaten se-Sulbar. Ini membuktikan keseriusan KPU Polman untuk menyelenggarakan Pilkada secara demokratis.

“Sebenarnya tahapan Pilkada sudah berjalan sejak Februari 2024, namun untuk tingkat KPU Kabupaten/Kota dan Provinsi baru 17 April lalu baru dimulai pembentukan badan adhoc. Kemudian tanggal 5 Mei 2024 nanti memberikan layanan kepada calon perseorangan untuk memenuhi syarat dukungan. Dimana setiap kabupaten berbeda beda dukungan calon perseorangan disesuaikan dengan jumlah DPT pemilu terakhir,” tambah Said Usman Umar.

Mantan anggota KPU Polman ini menambahkan tahapan selanjutnya pendaftaran calon bupati dan wakil bupati akan dibuka mulai Selasa, 27 Agustus 2024 – Kamis, 29 Agustus 2024. Selanjutmya penetapan pasangan calon akan dilakukan Selasa, 22 September 2024 – Sabtu, 22 September 2024. Sementara tahapan pelaksanaan kampanye mulai Rabu, 25 September 2024 hingga Sabtu, 23 November 2024. Kemudian hari H Pilkada Bupati maupun Pilkada Gubernur akan dilaksanakan Rabu 27 November 2024.

Pj Bupati Polman yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra, Agusniah Hasan Sulur mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada semua pihak yang sudah menyukseskan penyelenggaraan Pemilu di Bulan Februari 2024 lalu.

“Penyelenggaraan Pilpres dan Pileg kemarin sudah kita laksanakan dengan aman dan lancar. Terima kasih kepada KPU, Bawaslu, Forkopimda, TNI/POLRI, Partai Politik Peserta Pemilu, para penyelenggara Pemilu di tingkat kecamatan dan desa/kelurahan, tokoh agama dan tokoh masyarakat, serta seluruh masyarakat yang sudah mendukung penyelenggaraan Pilpres dan Pileg ini,” ucap Agusniah.

BACA JUGA:  222 Peserta Ikut Seleksi CAT PPK

Berkaca dari penyelenggaraan Pilpres dan Pileg yang berjalan dengan baik dan kondusif, maka Ia meminta agar semua pihak sama-sama menjaga situasi Kantibmas di daerah ini agar tetap aman dan kondusif sehingga penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Polewali Mandar nanti juga berjalan dengan baik.

“Dengan dimulainya tahapan Pilkada Polman saya mengajak semua stakeholder sesuai dengan batasan dan kewenangannya untuk sama sama menciptakan Pilkada damai. Memastikan seluruh tahapan Pilkada berjalan aman, damai dan demokratis,” terang Agusniah.

Ia berharap kedepan terpilih sosok pimpinan kepala daerah yang mampu “Mappatumballe Lita Pembolongan” yang memberi perubahan dan perbaikan serta memiliki sifat Amandaran yang cerdas dalam segala hal dan mampu membawa Polman lebih maju lagi.

Dalam launching Pilkada Polman ini ditandai dengan penekanan tombol oleh Ketua KPU Sulbar, anggota dan ketua KPU Polman, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Forkopimda dan Bawaslu Polman. Selain itu hadir juga sejumlah anggota KPU kabupaten se-Sulbar dan Ketua KPU Pinrang Sulsel. Kegiatan ini juga meriahkan penampilan tari dari sanggar Laut Biru Polman dan hiburan dari artis lokal. (mkb)

Tahapan Pilkada 2024

Tahap Persiapan Pilkada 2024

Perencanaan Program dan Anggaran: Terakhir pada Jumat 26 Januari 2024

Penyusunan Peraturan Penyelenggaraan Pemilihan: Terakhir pada Senin, 18 November 2024

Perencanaan Penyelenggaraan yang Meliputi Penetapan Tata Cara dan Jadwal Tahapan

Pelaksanaan Pemilihan: Terakhir pada Senin, 18 November 2024

Pembentukan PPK, PPS, dan KPPS Pilkada 2024: Rabu, 17 April 2024 – Selasa, 5 November 2024

Pembentukan Panitia Pengawas Kecamatan, Panitia Pengawas Lapangan, dan Pengawas TPS: Sesuai jadwal yang ditetapkan oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu)

BACA JUGA:  Pilkada Polman tak ada Calon Perseorangan

Pemberitahuan dan Pendaftaran Pemantau Pemilihan: Selasa, 27 Februari 2024 – Sabtu, 16, November 2024

Penyerahan Daftar Penduduk Potensial Pemilih: Rabu, 24 April 2024 – Jumat, 31 Mei 2024

Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih: Jumat, 31 Mei 2024 – Senin, 23 September 2024

Tahap Penyelenggaraan Pilkada 2024

Pemenuhan Persyaratan Dukungan Pasangan Calon Perseorangan: Minggu, 5 Mei 2024 – Senin, 19 Agustus 2024

Pengumuman Pendaftaran Pasangan Calon: Sabtu, 24 Agustus 2024 – Senin, 26 Agustus 2024

Pendaftaran Pasangan Calon: Selasa, 27 Agustus 2024 – Kamis, 29 Agustus 2024

Penelitian Pasangan Calon: Selasa, 27 Agustus 2024 – Sabtu, 21 September 2024

Penetapan Pasangan Calon: Selasa, 22 September 2024 – Sabtu, 22 September 2024

Pelaksanaan Kampanye: Rabu, 25 September 2024 – Sabtu, 23 November 2024

Pelaksanaan Pemungutan Suara: Rabu, 27 November 2024 – Rabu, 27 November 2024

Penghitungan Suara dan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara: Rabu, 27 November 2024 – Senin, 16 Desember 2024

Penetapan Calon Terpilih: Paling lama 3 hari setelah Mahkamah Konstitusi secara resmi memberitahukan permohonan yang teregistrasi dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) kepada KPU

Penyelesaian Pelanggaran dan Sengketa Hasil Pemilihan: Paling lama 5 hari setelah salinan penetapan, putusan dismisal atau putusan Mahkamah Konstitusi diterima oleh KPU

Pengusulan Pengesahan Pengangkatan Calon Terpilih: Paling lama 3 hari setelah penetapan pasangan calon terpilih.

(Sumber KPU RI)

The post Pilkada Polman 2024 Dilaunching Pertama di Sulbar, Bentuk Keseriusan KPU Polman appeared first on RADARSULBAR ONLINE.

Konten Promosi
error: Konten dilindungi!!