Kenali Ciri-Ciri dan Pengobatan yang Tepat untuk Luka Infeksi - Laman 2 dari 3 - RADARSULBAR NEWS
RADARSULBARNEWS

Kenali Ciri-Ciri dan Pengobatan yang Tepat untuk Luka Infeksi

Ilustrasi mengobati luka. (dok alodokter)
pasang

Namun, jika area di sekitar luka makin terlihat membengkak dan rasa nyeri bertambah parah dari hari ke hari, Anda patut waspada karena hal itu bisa menjadi tanda luka infeksi.

  1. Keluar cairan

Keluarnya cairan dari luka juga menjadi ciri-ciri luka infeksi yang paling jelas terlihat. Cairan yang keluar biasanya berupa nanah berwarna putih kekuningan.

Cairan ini mengandung campuran sel-sel mati, bakteri, dan sel-sel darah putih. Terkadang, cairan yang keluar dari luka juga bisa berwarna hijau, merah muda, atau cokelat, dan disertai bau yang tidak sedap. Nah, perubahan warna atau bau nanah yang keluar menandakan bahwa infeksi makin parah.

  1. Hangat saat disentuh

Pada awal proses penyembuhan kulit yang terluka, luka normalnya memang terasa hangat saat disentuh. Ini biasanya berlangsung hingga beberapa hari. Namun, jika luka masih terasa hangat setelah lebih dari 5–7 hari, apalagi disertai banyak nanah, bengkak, dan demam, hal ini menandakan bahwa luka terinfeksi.

Luka yang terasa makin panas terjadi akibat lebih banyak sel imun mendatangi area luka untuk melawan kuman penyebab infeksi. Tujuannya adalah agar kuman tidak menyebar lebih luas ke dalam tubuh.

  1. Kulit kemerahan di sekitar luka

Luka infeksi juga bisa ditandai dengan meluasnya area kemerahan di kulit. Pada dasarnya, luka memang menyebabkan kulit kemerahan di area sekitarnya. Namun, saat infeksi terjadi, kemerahan pada kulit terlihat makin merah dan lebih meluas.

  1. Demam

Saat sel-sel imun bekerja keras untuk melawan infeksi kuman, tubuh juga bisa mengalami demam. Pada kondisi ini, infeksi kemungkinan besar telah menyebar ke dalam tubuh melalui aliran darah.

Luka infeksi yang disertai demam tinggi menandakan kondisi yang lebih serius dan membutuhkan pertolongan dari dokter. Terlebih lagi, apabila demam disertai dengan mual, muntah, nyeri otot, sesak napas, pusing, bahkan hingga penurunan kesadaran.
Langkah Penanganan Luka Infeksi yang Tepat

error: Konten dilindungi!!
Exit mobile version