RADARSULBARNEWS

Kenali Ciri-Ciri dan Pengobatan yang Tepat untuk Luka Infeksi

Ilustrasi mengobati luka. (dok alodokter)

JAKARTA, RADARSULBAR NEWS – Luka infeksi terjadi ketika kuman masuk dan berkembang biak di dalam jaringan kulit yang terluka.

Infeksi kuman bisa menyebabkan luka menjadi makin sakit atau bernanah. Agar bisa cepat sembuh, luka perlu dirawat dengan dengan cara tepat yang mudah dilakukan.

Infeksi luka dapat terjadi pada semua jenis luka, baik luka operasi maupun luka karena cedera, seperti kecelakaan, gigitan hewan, atau luka bakar.

BACA JUGA:  Ternayata Sayur Kangkung Memiliki Sejumlah Khasiat, Ampuh Mencegah Serangan Penyakit Ini

Saat kulit terluka, tubuh secara alami mengaktifkan sistem kekebalan untuk menghentikan pendarahan dan memperbaiki kerusakan.

Pada proses penyembuhan luka, darah akan menggumpal dan membentuk keropeng yang berfungsi sebagai penghalang untuk mencegah kuman masuk ke dalam luka.

Lalu, luka akan memasuki fase pemulihan dengan membentuk jaringan baru sampai akhirnya keropeng mengering dan mengelupas.

Namun, bila luka kotor atau tidak dibersihkan dengan baik, kuman bisa masuk dan menyebar ke jaringan kulit di bawah luka sehingga menyebabkan infeksi.

BACA JUGA:  Ternayata Sayur Kangkung Memiliki Sejumlah Khasiat, Ampuh Mencegah Serangan Penyakit Ini

Luka terbuka umumnya lebih berisiko mengalami luka infeksi daripada luka tertutup.
Kenali Ciri-Ciri Luka Infeksi

Luka yang tidak terinfeksi kuman biasanya akan cepat membaik, sedangkan luka infeksi bisa menjadi lebih lama sembuh dan menimbulkan gejala yang lebih parah.

Biasanya, infeksi pada luka berkembang sekitar 2–3 hari setelah terjadinya luka, terutama pada luka yang kotor atau tidak dibersihkan dengan baik.

BACA JUGA:  Ternayata Sayur Kangkung Memiliki Sejumlah Khasiat, Ampuh Mencegah Serangan Penyakit Ini

Berikut ini adalah ciri-ciri luka infeksi:

  1. Bengkak dan makin nyeri

Pada hari pertama, luka biasanya memang terlihat merah, bengkak, dan nyeri. Ini adalah tanda peradangan yang artinya sistem kekebalan tubuh sedang bekerja untuk memperbaiki luka dan melindungi luka dari infeksi.

Konten Promosi
error: Konten dilindungi!!