RADARSULBARNEWS

Ekspedisi Rupiah di Salissingan, BI Sosialisasikan Transaksi Digital

PENUKARAN UANG. Tim ekspedisi rupiah melakukan penukaran uang di depan rumah kepala desa Bala-Balakang, Pulau Salissingang, Desa Balabalakang, Kecamatan Balabalakang, Mamuju Rabu 16 Oktober 2024. (IRFAN FADHIL/RADAR SULBAR)

MAMUJU, RADARSULBAR NEWS – Literasi perlindungan konsumen dalam transaksi digital, di Pulau Salissingan, Desa Balabalakang, Kecamatan Balabalakang, masih terbatas.

Melalui ekspedisi rupiah di daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T), Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Sulbar mensosialisasikan hal tersebut.

Manager Unit Pengelolaan Rupiah (UPR) BI Sulbar, Izzac Wattimena menjelaskan, kegiatan serupa sudah dilaksanakan sebanyak tiga kali di Desa Balabalakang.

BACA JUGA:  Skema Kredit Pembiayaan Tekan Inflasi

Selain untuk literasi transaksi digital juga agar masyarakat di wilayah 3T mendapatkan uang rupiah layak edar alias baru.

“Misal uang yang beredar di masyarakat sudah lusuh atau banyak pecahan Rp 10 ribu padahal butuh pecahan lainnya, dengan kegiatan ini diharapkan bisa dipenuhi,” kata Izzac, di gedung serba guna Pulau Salisingan, Rabu 16 Oktober.

BACA JUGA:  DIGASKAN Kampanye di Balanipa, Wujudkan Pusat Ternak Kambing dan Perhatikan Kesejahteraan Nelayan

Izzac juga mengingatkan warga Salissingang agar menggunakan transaksi digital secara aman.

Menurutnya itu sangat penting agar data pribadi warga terjaga dan terhidar dari praktek judi online maupun investasi bodong.

“Pulau Salissingan sudah menggunakan internet. Kami mengimbau agar tetap aman bertransaksi non tunai. Warga mesti menjaga informasi pribadi, tidak membagikan PIN, kode OTP, tidak asal klik link atau website dari sumber yang belum jelas,” paparnya.

BACA JUGA:  Datang dan Meriahkan! Adira Expo, Serba Cuan

Bantuan Sosial Izzac juga menyampaikan soal program sosial berupa pemberian bantuan fasilitas keagamaan dan pendidikan. Pihak BI memberikan bantuan berupa satu unit speaker portabel dan satu set alat qasidah rebana, di Masjid Nurul Huda.

Konten Promosi
error: Konten dilindungi!!