RADARSULBARNEWS

Majukan Pertanian, Dirga-Iskandar Bakal Jadikan Polman Penyuplai Pangan IKN

POLEWALI RADAR SULBAR — Pasangan calon bupati dan wakil bupati Polewali Mandar nomor urut 4, Dirga Adhi Putra Singkarru dan Iskandar Muda Baharuddin Lopa bakal memajukan sektor pertanian, peternakan dan perkebunan. Hal ini sebagai upaya Kabupaten Polewali Mandar (Polman) penyuplai pangan ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal ini diutarakan Paslon nomor 4, Dirga-Iskandar saat melakukan kampanye tatap muka dengan masyarakat di Kecamatan Campalagian, Sabtu, 28 Septemer. Dirga Singkarru berkampanye dengan masyarakat di tiga desa yakni Lampoko, Sumarrang dan Suruang. Sementara Iskandar Muda bersilaturrahmi dengan masayarakat Desa Bonde Campalagian. Dalam kunjungan silaturrahminya, pasangan ini disambut antusias oleh ratusan warga sekitar.

Dalam silaturahmi di Dusun Rappo Gading Desa Lampoko, Dirga-Iskandar akan memajukan sektor pertanian untuk menopang pangan ke ibukota Nusantara (IKN) mengingat Kabupaten Polewali Mandar merupakan sentra penghasil padi dan menjadi lumbung padi terbesar di Sulbar.

BACA JUGA:  Blusukan di Pasar CampalagianDirga-Iskandar akan Bangun Konsep Pasar Moderen

Salah satu warga Lampoko Asnawi yang berprofesi sebagai petani menaruh harapan besar kepada paslon Dirga – Iskandar jika terpilih jadi pemimpin di Polman. Sehingga bisa menyediakan ketersediaan pupuk subsidi. Petani tidak lagi kesulitan mencari pupuk saat musim tanam tiba.

“Selama ini kami petani sangat sulit mendapatkan pupuk subsidi. Selain langka harganya juga sangat mahal. Untuk mendapatkan pupuk subsidi petani harus memiliki kelompok tani,” keluh Asnawi.

Pasangan Dirga – Iskandar berjanji akan memajukan sektor pertanian sebagai lumbung padi terbesar di Sulbar. Sehingga dapat menopang kebutuhan pangan ke IKN. Paslon Dirga – Iskandar (DigaSkan) mengatakan, jika terpilih memenangan Pilkada Polman, paslon ini akan memajukan sektor pertanian untuk mensejahterakan kalangan petani.

BACA JUGA:  Bertemu Kaum Perempuan, Andi Sami Janji Tingkatkan Kesejahteran Perempuan

Paslon dengan akronim DigaSkan ini juga akan menyelesaikan berbagai persoalan di sektor pertanian seperti mengatasi kelangkaan pupuk, pestisida, masalah irigasi, hama serta menyediakan bibit unggul pertanian.

“Jika terpilih menjadi Bupati Polewali Mandar, kedepan kita harus menjadi sahabat petani mengingat posisi wilayah Sulbar khususnya di Polman sangat strategis berada di depan ibukota Nusantara (IKN),” kata Dirga.

Sementara di Dusun Pessunang Desa Sumarrang, Dirga – Iskandar akan memajukan sektor perkebunan dan peternakan. Untuk mensejahterahkan kehidupan masyarakat desa Sumarrang, Dirga Singkarru berjanji akan memberikan bantuan bibit kambing untuk warga sehingga dapat menjadi nilai ekonomi bagi warga setempat.

BACA JUGA:  Silaturrahmi dengan Warga Luyo, Dirga-Iskandar Siapkan Program Sejuta Bibit Kembangkan Perkebunan Kakao

“Salah satu daerah penyuplai hewan ternak kambing ke Kalimantan adalah Campalagian. Apalagi saat menjelang idul adha banyak sekali kambing dari Polman dikirim ke Kalimnatan,” jelas Dirga.

Sementara di Desa Suruang, Dirga – Iskandar akan memajukan sektor perkebunan mengingat masyarakaat di wilayah ini sebagian besar adalah berprofesi sebagai petani kopra. Dirga Singkarru mengatakan, akan mengembangkan sektor perkebunan khususnya kelapa mengingat kelapa merupakan salah satu komoditi yang seluruh bagiannya bisa digunakan semua mulai dari batang, daun, lidi, buah, sabut, tempurung dan isinya.

“Nah, bagian kelapa ini nanti kita akan kembangkan kedepan. Contohnya sabutnya bisa dijadikan kursi sofa, kemudaian tempurungnya bisa dijadikan arang pembakaran, dan isinya dijadikan kopra,” tutup Dirga. (rls/mkb)

Konten Promosi
error: Konten dilindungi!!