RADARSULBARNEWS

Capaian UHC Kabupaten Mamuju Tengah meningkat dari Tahun 2023

MAMUJU TENGAH, RADARSULBAR NEWS – Pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju Tengah kembali menerima penghargaan UHC yang kedua kalinya pada acara Universal Health Coverage (UHC) Awards 2024 bersama dengan 33 Provinsi dan 460 Kabupaten/kota di seluruh Indonesia yang digelar di Krakatau Grand Ballroom TMII Jakarta Timur, Kamis (08/08/2024).

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Presiden International Social Security Association (ISSA) Mohammed Azman dan disaksikan oleh direktur utama BPJS Kesehatan, dan ketua Dewan Jaminan Sosial Nasional. Penghargaan ini bertajuk ‘Satu Dekade Program JKN-KIS Untuk Negeri Sebagai Wujud Nyata Komitmen Pemerintah Daerah Dalam Memberikan Perlindungan Kesehatan Bagi Masyarakat Indonesia’.

Capaian UHC di setiap daerah mendapat apresiasi dari Wapres Maruf Amin, terutama terkait komitmen Pemerintah Daerah dalam menjalankan instruksi Presiden Nomor 1 tahun 2022 tentang optimalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

BACA JUGA:  Pj Bupati Serahkan RAPBDP 2024, Pendapatan Diproyeksi Naik Rp 25 Miliar

Instruksi Presiden tersebut mendorong gubernur dan bupati/wali kota untuk mendorong target RPJMN, yaitu 98 persen penduduk Indonesia terlindungi kesehatannya melalui Program JKN-KIS pada tahun 2024. Yakni dengan mengalokasikan anggaran dan pembayaran iuran serta bantuan iuran penduduk yang didaftarkan oleh pemerintah daerah.

”Sampai dengan 1 Agustus 2024, jumlah kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sudah mencapai 275 juta jiwa, atau sekitar 98 persen dari total populasi Indonesia sejak diluncurkan pada tahun 2014. Tentunya semuanya berkat peran sinergi dan kolaborasi antara bpjs kesehatan, kementerian, lembaga lainnya dan juga pemerintah daerah ” Pungkas Wapres RI Ma’ruf Amin.

BACA JUGA:  Pemkab Polman Siap Bayar Utang ke Rekanan Rp. 40 M

Sementara itu, Pemda Kabupaten Mamuju Tengah yang diwakili oleh Kepala Dinas Sosial Kab. Mamuju Tengah, Nirwana Aras menyatakan bahwa penghargaan yang diterimanya merupakan hasil dari kerja kolaboratif dengan para stakeholder terkait salah satunya adalah BPJS Kesehatan Cabang Mamuju.

Hal ini juga menunjukkan komitmen tinggi Pemerintah Kabupaten Mamuju Tengah, khususnya dalam sektor kesehatan. Peningkatan mutu layanan di sektor kesehatan menjadi perhatian khusus Pemerintah Daerah untuk mewujudkan Mamuju Tengah yang lebih baik.

BACA JUGA:  Enam Sekolah Jadi Sasaran Program Sanitasi Sehat

Pihaknya berharap kerja kolaboratif stakeholder di masa depan akan terus meningkatkan kepastian jaminan kesehatan bagi masyarakat. Berdasarkan data kepesertaan JKN, Pemda Kab. Mamuju Tengah per Agustus 2024, di bawah kepemimpinan H. Aras Tammauni capaian UHC Kabupaten Mamuju Tengah meningkat dari 92,2% pada tahun 2022 menjadi 103,57% dari total jumlah penduduk pada tahun 2024 dengan tingkat keaktifan 82,94% dari total jumlah peserta, dalam kegiatan penerimaan penghargaan ini turut hadir Asisten 3 Setda Kab. Mamuju Tengah Herianto, S.Pd,. M.M dan Firmansyah selaku Kepala Kantor BPJS Kesehatan Kab. Mamuju Tengah. (*)

Konten Promosi
error: Konten dilindungi!!