RADARSULBARNEWS

Dishub Sulbar Pastikan Kesiapan Mudik Lebaran

MENGAWASI. Personel Polda Sulbar melakukan pengawasan pengisian BBM di SPBU di Mamuju, Minggu 31 Maret 2024. (Adhe JUnaedi Sholat/Radar Sulbar)

MAMUJU, RADARSULBAR NEWS – Musim mudik lebaran Idulfitri 1445 hijriah diprediksi mulai berlangsung akhir pekan nanti, bersamaan dimulainya libur dan cuti bersama. Berbagai hal mesti dipersiapkan sejak dini.

Meski tak semarak di Pulau Jawa dan daerah lain, namun Dinas Perhubungan (Dishub) Sulbar tetap memastikan kesiapan bandar udara (bandara), terminal dan pelabuhan di Sulbar.

Beberapa moda transportasi di Sulbar juga bahkan menyiapkan pelayanan ekstra untuk mengantisipasi lonjakan penumpang.

BACA JUGA:  Ratih Salurkan Bantuan PIP ke Ratusan Siswa

“Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, beberapa moda transportasi sudah menyiapkan pelayanan ekstra. Seperti di Pelabuhan Feri Simboro yang akan menambah jadwal rute penyeberangan yang tadinya dua kali sepekan ditambah menjadi tiga kali,” kata Maddareski, Senin 1 April.

Begitu juga Angkutan Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia (DAMRI) juga sudah menyiapkan dua armada tambahan jika sewaktu-waktu terjadi lonjakan penumpang.

BACA JUGA:  Polman Ocean Fun Run 2024, Sensasi Berlari di Pantai Ba'Batoa

“Untuk angkutan AKAP (Antar Kota Antar Povinsi), dari hasil koordinasi juga para pengusaha angkutan telah menyiapkan armada tambahan jika ada lonjakan penumpang,” sebut Maddareski.

Selain itu, lanjutnya, pihak maskapai yang saat ini melayani rute tujuan dan dari Mamuju juga bakal menambah jadwal penerbangan jika terjadi lonjakan penumpang.

“Untuk pelayanan penerbangan Mamuju-Makassar, dari hasil koordinasi dengan Bandara Tampa Padang Mamuju, akan menambah jadwal penerbangan jika memang ada lonjakan penumpang. Mungkin akan dibuka penerbangan setiap hari, tergantung kebutuhan nantinya,” sebut dia.

BACA JUGA:  Penyuluh dan DPRD Tolak Areal Sawah Jadi Lokasi Pembangunan Daur Ulang Sampah

Ia pun mengimbau agar pemudik terlebih dulu memastikan kondisi kendaraanya dan kemana rumah yang ditinggalnya. Sehingga pelaksanaan mudik tahun ini bisa berjalan aman dan nyaman.

Konten Promosi
error: Konten dilindungi!!