RADARSULBARNEWS

El Nino Timbulkan Krisis Air Bersih

SUPLAI AIR BERSIH. BPBD Sulbar menyuplai air bersih ke masyarakat di Mamuju, Rabu 11 Oktober 2023. (ist)

“Umpamanya ada sawah mengalami kekeringan, ada dinas pertanian yang akan melakukan upaya. Hal ini supaya bukan hanya BPBD yang merespon, tapi ada satgas. Begitu juga dinas PU dan dinas sosial yang juga memiliki mobil tangki air yang bisa diperbantukan untuk penyaluran air bersih,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Amir mengaku, pihaknya juga memberikan bantuan pompa air kepada petani yang terdampak Kekeringan. Salah satunya di Lingkungan Sampoang, Kelurahan Sinyonyoi, Kalukku.

Pompa air dapat digunakan memompa air dari sumber air yang masih ada di sekitaran lahan pertanian.

BACA JUGA:  Rektor Unimaju Dorong Program Studi Menuju Akreditasi Internasional

“Kemarin kami bantu petani sawah di Mamasa, petani di Sampoang juga kami bantu dengan pompa air. Kami rencana menggunakan pompa air, asalkan di lokasi itu dekat dengan sumber air terdekat yang bisa disedot, menyesuaikan dengan kemampuan mesin,” ujar dia.

Sebelumnya, Pj Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakrulloh telah menyiapkan berbagai alternatif dalam mengantisipasi kekeringan akibat El Nino.

BACA JUGA:  Kelas Cek Fakta Mafindo Sulbar, Ajak Pemilih Pemula Lawan Hoaks dalam Pilkada

Zudan telah mengecek kesiapan infrastruktur serta memberikan pengarahan kepada Dinas Perkebunan dan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Pertanian (DTPHP) Sulbar, mengantisipasi kekeringan lahan pertanian.

“Kita akan mengoptimalkan yang dikerjakan Dinas Perkebunan dan DTPHP Sulbar. Terutama dengan menyiapkan dulu infrastrukturnya, agar air bisa tersedia di sepanjang tahun,” ujar Zudan.

Ia juga mengajak masyarakat agar tetap konsisten menjaga pasokan pangan dengan tidak boros pangan.

BACA JUGA:  DP2KBP3A Gelar Diseminasi Audit Stunting

“Saya mengajak masyarakat dalam menghadapi kekeringan akibat El Nino, agar tetap konsisten menjaga pasokan dan tidak boros pangan,” tandasnya.

Konten Promosi
error: Konten dilindungi!!