RADARSULBARNEWS

Pemprov dan DPRD Kalteng Tandatangani Persetujuan Bersama Raperda tentang Pengelolaan Keuangan Daerah

Penandatanganan Persetujuan Bersama terhadap Raperda Prov. Kalteng tentang Pengelolaan Keuangan Daerah. (Dok humas Pemprov Kalteng)

PALANGKA RAYA, RADARSULBAR NEWS – Rapat Paripurna (Rapur) ke-4 Masa Persidangan III Tahun Sidang 2023 DPRD Provinsi Kalteng.

Rapat tersebut dihadiri Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Edy Pratowo yang diselenggarakan di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kalteng, Senin (9/10).

Rapat ini diagendakan penandatanganan persetujuan bersama Gubernur dengan pimpinan DPRD Kalteng terhadap Raperda Provinsi Kalteng tentang Pengelolaan Keuangan Daerah dan mendengarkan Pidato Pendapat Akhir Gubernur Kalteng terhadap Raperda Prov. Kalteng tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

BACA JUGA:  DPRD Polman Minta BKPP Konsultasi ke BKN Terkait PTT tak Masuk Database BKN

Saat membacakan pidato, Wagub Kalteng Edy Pratowo menyampaikan pengelolaan keuangan daerah harus dilakukan secara transparan dan akuntanbel yang sesuai dengan prinsip tata kelola pemerintahan yang baik.

Aspek keuangan daerah memegang peranan penting dalam pembangunan daerah karena menjadi sebuah media bagi perwujudan semua rencana pembangunan menjadi program dan kegiatan yang diarahkan untuk mencapai tujuan pemerintah daerah.

BACA JUGA:  Dirga Singkarru Hadiri Maulid Di Masjid Nurul Iman Mambulilling

“Konsep dasar keuangan daerah mulai dari perencanaan, pelaporan, pertanggungjawaban, serta pengawasannya sangat penting bagi pembangunan daerah. Oleh karena itu diperlukan sebuah payung hukum untuk menjamin kepastian dan pedoman bagi Pemerintah Daerah melaksanakan proses dari perencanaan sampai dengan pengawasan tersebut”, tuturnya

Edy juga menyampaikan Peraturan Daerah tentang Pengelolaan Keuangan Daerah memang merupakan suatu kebutuhan bagi Pemerintah Daerah sehingga ada payung hukum yang jelas bagi Perangkat Daerah dalam hal pengelolaan keuangan daerah ketika melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.

BACA JUGA:  Ratih Salurkan Bantuan PIP ke Ratusan Siswa
Konten Promosi
error: Konten dilindungi!!