RADARSULBARNEWS
DAERAH  

Anggota Polisi Aktif Pangkat Kombes Ikut Nyaleg

Kombes Pol Andarias (Seragam Polri), di salah satu acara. (ist)

MAMUJU, RADARSULBAR NEWS – Direktur Pembinaan Masyarakat (Binmas) Polda Sulbar, Kombes Pol Andarias, masuk dalam Daftar Calon Tetap (DCT) pada Pemilu 2024. Ia disebut-sebut mulai gencar mensosialisasikan diri ke masyarakat.

Kombes Pol Andarias mencalonkan diri sebagai Caleg DPRD Sulbar, melalui Partai Gerindra. Anggota polri aktif itu berada di nomor urut delapan, Daerah Pemilihan (Dapil) V Sulawesi Barat.

Nama Kombes Pol Andarias dimasukkan Partai Gerindra Sulbar di hari terakhir tahapan pencermatan DCT. Dirinya juga telah mendapat rekomendasi dan persetujuan dari DPP Partai Gerindra.

BACA JUGA:  Berhasil Turunkan Kemiskinan Ekstrem, Polman Terima Dana Insentif Fiskal Rp 6,1 Miliar

Kapolda Sulbar, Irjen Pol Adang Ginanjar, tak mau berkomentar banyak ketika ditanyai ihwal anggotanya yang masih aktif ikut mencalonkan diri sebagai caleg. Ia juga tak menyebut apakah yang bersangkutan telah mengajukan pengunduran diri atau tidak.

“Tanyakan saja ke yang bersangkutan (Kombes Pol Andarias, red), kemungkinan bulan ini (Oktober), yang bersangkutan juga pensiun,” kata Irjen Pol Adang, kepada Radar Sulbar, Kamis (5/10).

BACA JUGA:  HUT TNI Ke-79, Kodim Siapkan Makan Gratis, Dandim Sawer Prajurit

Pada dasarnya, TNI-Polri bisa diberikan hak memilih dan dipilih dalam Pemilu. Namun, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah sudah pensiun atau mengundurkan diri.

Ketika dikonfirmasi, Kombes Pol Andarias mengaku tak ada masalah dalam pencalonannya. Ia juga telah menyerahkan segala persyaratan yang diatur KPU.

“Saya kira sudah semua (syarat). Segala sesuatu yang menjadi ketentuan KPU sudah kita penuhi. Tidak ada masalah. Makanya kalau masih bermasalah tidak mungkin kita masuk dalam DCT. Kita mengikuti arahan KPU,” sebut Kombes Pol Andarias.

BACA JUGA:  Pemerintah Desa Diminta Anggarkan Pengadaan Seragam Satlinmas
Konten Promosi
error: Konten dilindungi!!