RADARSULBARNEWS

Pemerintah Upayakan Atasi Karhutla, 6.659 Titik Panas dengan Peluang 80 Persen Menjadi Titik Api

Menteri LHK Siti Nurbaya menyampaikan keterangan pers, Selasaa (03/10/2023), di Jakarta. (Foto: Dandy/Humas Setkab)

JAKARTA, RADARSULBAR NEWS – Presdien RI Joko Widodo menggelar rapat membahas terkait Karhutla akibat dampak fenomena El Nino.

Karena itu, Pemerintah telah menyiapkan langkah untuk mengantisipasi dan mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

“Kita sekarang ini sejak tanggal 28 September sedang berjibaku di Sumatra Selatan, di Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, sambil juga memonitor yang di Riau, Jambi dan lain-lain,” ujarnya Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, Selasa (03/10/2023), di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta.

BACA JUGA:  ISSI Sulbar akan Gelar Criterium Race di Polman

Dilansir dari laman sekretariat kabinet RI, Siti menjelaskan, berdasarkan data per 2 Oktober 2023, terdapat 6.659 titik panas (hot spot) dengan peluang 80 persen menjadi titik api atau fire spot.

“Areal yang terbakar sudah terekam 267 ribu hektare dan perkiraan saya dengan situasi bulan September kemarin dan Oktober, kelihatannya masih akan bertambah,” ujarnya.

BACA JUGA:  Tindaklanjut Masalah Non ASN, Pemkab Polman Bentuk Tim Verifikasi Non ASN

Ia mengatakan, sejumlah langkah yang dilakukan pemerintah, antara lain, pemadaman dan teknik modifikasi cuaca (TMC) di sejumlah provinsi yang menjadi titik rawan terjadinya karhutla tersebut. Ia pun memastikan bahwa hingga saat ini tidak ada pencemaran asap lintas batas atau transboundary haze ke negara tetangga.

“Sejauh ini tidak ada transboundary haze ke Malaysia. Jadi kalau dibilang bahwa di Malaysia tidak ada hot spot, kalau lihat datanya citra satelitnya di sana juga ada,” ujarnya.

BACA JUGA:  Dua Pekan Operasi Zebra Marano 2024 akan Digelar, Ini Jenis Pelanggaran yang Jadi Prioritas

Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan dukungan pelaksanaan operasi darat maupun udara dalam mengatasi karhutla.

Konten Promosi
error: Konten dilindungi!!