RADARSULBARNEWS

Keajaiban Kandungan ASI Melindungi Bayi dari Penyakit

RADARSULBAR NEWS – Kandungan ASI terdiri dari perpaduan sempurna lemak, protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang lebih mudah dicerna dan diserap dibandingkan susu formula atau susu sapi. Oleh karena itu, ASI dipercaya menjadi sumber nutrisi utama bagi bayi.

Kandungan ASI terdiri dari air, protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, zat antibodi, dan enzim. Dilihat dari kandungannya yang sarat nutrisi penting, ASI disebut-sebut dapat mengurangi risiko bayi terkena penyakit tertentu, seperti diare, ISPA , pneumonia, asma, obesitas, dan diabetes.

Jangan Sia-siakan Kolostrum

Kolostrum adalah ASI yang diproduksi sesaat setelah bayi lahir, meskipun kadang . Kolostrum dapat berwarna kuning, oranye, atau putih, serta bertekstur kental dan lengket.

Kolostrum kaya akan nutrisi, di antaranya:

  • Protein
  • Vitamin A
  • Nitrogen
  • Garam
  • Sel darah putih
  • Beberapa antibodi tertentu

Meski hanya beberapa tetes, kandungan ASI pertama yang sering disebut sebagai imunisasi pertama bayi ini juga memiliki kadar gula dan lemak yang lebih rendah daripada ASI yang dihasilkan setelahnya.

Selain itu, kolostrum membantu proses keluarnya mekonium, yaitu tinja yang terakumulasi sebelum bayi lahir. Bayi baru lahir perlu mengeluarkan mekonium untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit kuning.

Sehabis kolostrum, ASI yang matang akan keluar 2–4 hari setelah bayi lahir, tergantung dari frekuensi menyusu bayi pada hari pertama lahir.

Kandungan ASI Berubah sesuai Kebutuhan Bayi

Hal yang menakjubkan dari kandungan ASI adalah karakteristik cairan ini dapat berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan bayi.

Kandungan ASI pada ibu yang melahirkan bayi pada usia kehamilan normal (cukup bulan) akan berbeda dengan kandungan ASI pada ibu yang melahirkan bayi prematur.

Konten Promosi
error: Konten dilindungi!!