RADARSULBARNEWS
DAERAH  

Universitas Wallacea Dorong Produktivitas Petani Gula Aren di Mamuju

MAMUJU, RADARSULBAR NEWS – Gula Aren atau Gula Merah adalah salah satu produk unggulan di Sulbar. Warga Mamuju lebih sering menyebutnya “Golla Mamea”, terbuat dari cairan Nira. Manfaat dan khasiatnya sudah tidak diragukan lagi.

Karanenanya, Universitas Wallacea (sebelumnya Stikes Andini Persada) mendorong pengembangan produksi Gula Aren yang ada di Kecamatan Kalukku melalui program Pengabdian Masyarakat Pemula Tahun 2023 dalam rangka Pemberdayaan Masyarakat Kelompok Tani Hutan (KTH) Lembang Golla “Golla Mamea” di Lingkungan Gentungan, Kelurahan Bebanga, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Selasa 5 September 2023

Kegiatan pelatihan itu mengangkat tema: Pendampingan dan pembinaan tentang Pengolahan Dan Pemasaran Produk Melalui Media promosi Dalam Meningkatkan Minat Permintaan Pasar Terhadap Hasil Produk Olahan Unggulan Golla Mamea Khas Lembang Golla”

BACA JUGA:  DPRD Polman Minta BKPP Konsultasi ke BKN Terkait PTT tak Masuk Database BKN

Kegiatan diawali survei lokasi pengambilan bahan dasar dari gula merah di perkebunan aren. Jaraknya sekira satu kilometer dari rumah produksi gula aren KTH Lembang Golla. Dilanjutkan sosialisasi dan pelatihan media promosi produk UMKM dari Dosen Universitas Wallacea dan Dinas Koperindag Sulbar

Dosen pembina PMP Wita Oileri Tikirik menjelaskan, melalui program PMP diharapkan dapat memberi kontribusi untuk pengembangan produksi aren di Sulbar serta mendorong produktifitas petani gula aren, khususnya di Kalukku.

BACA JUGA:  LPPD Mamuju Dikukuhkan, Sutinah Harap jadi Pembawa Harmoni untuk Mamuju

Salah satu materi dalam pelatihan adalah pemasaran produk. Tujuan ya agar petani lebih produktif dalam memasarkan produk aren.

Konten Promosi
error: Konten dilindungi!!